You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mobil Crane Untuk Penopingan Pohon Kurang
Penggunaan mobil crane untuk penopingan atau pemangkasan pohon sangat diperlukan. Bukan hanya agar dapat memotong bagian atas pohon, namun dengan adanya mobil tersebut pemangkasan bisa diatur agar pohon tetap terlihat indah..
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

Pemangkasan Pohon Terkendala Alat

Untuk meminimalisir bencana pohon tumbang, Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan rutin melakukan penopingan atau pemangkasan pohon besar dan rindang yang sudah berusia puluhan tahun. Namun upaya pemangkasan pohon terkendala peralatan yang kurang memadai.

Kami terkendala dengan alat. Saat ini, kami baru memiliki satu mobil tangga. Sementara pohon yang harus ditoping cukup banyak

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan, Suzi Marzitawati, mengatakan pihaknya memerlukan mobil crane (mobil tangga) untuk memangkas ribuan pohon yang ada di wilayahnya. Selain dapat memotong bagian atas pohon, dengan adanya mobil crane pemangkasan bisa diatur agar pohon tetap terlihat indah. Namun sayangnya, hingga kini pihaknya baru memiliki satu unit mobil tangga.

"Kami terkendala dengan alat. Saat ini, kami baru memiliki satu mobil tangga. Sementara pohon yang harus ditoping cukup banyak," ujar Suzi, Senin (2/2).

Kadis Pertamanan Diminta Tanam Pohon Langka

Apalagi, kata Suzi, di Jakarta Selatan ada 2.000 pohon yang memerlukan perhatian khusus karena rimbun dan berusia cukup tua. "Kalau dari penelitian yang pernah dilakukan ahli dari IPB, ada sekitar 2.000 pohon. Nanti akan kami cek lagi kondisinya," ucapnya.

Karena itu, pihaknya akan mengajukan penambahan mobil tangga pada tahun depan. "Kita akan ajukan pengadaan mobil crane ukuran kecil, agar bisa masuk ke pemukiman sehingga tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas," ungkapnya.

Dia menambahkan, selama Janauari 2015, pihaknya telah memangkas 150 pohon berjenis angsana, glodogan, trembesi, beringin, dan tanjung.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye985 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personAldi Geri Lumban Tobing